PENGALAMAN MERAWAT KULIT SENSITIF, KERING DAN GATAL



guys, kali ini gw mau sharing pengalaman merawat kulit sensitif yang kering dan gatal, ini hal yang paling ga enak banget waktu kulit kering dan gatal banget, semakin di garuk semakin gatal dan kadang klo sudah sembuh itu bisa gatal lagi, itu lah yang paling menyebalkan :(

waktu itu gw sempat bolak balik ke salah satu dokter kulit di bogor yang cukup terkenal, gw ga mw menyebutkan ke dokter yg mana karna tidak mendapatkan solusi yang tepat buat kulit gw,
jadi selama gw ke dokter yg ini, dokternya hanya mengira klo gw ini alergi makanan dan menyarankan untuk tidak makan makanan yang banyak mengandung micin/msg dan makanan yang di anggap memicu alergi, beliau juga menyarankan gw mandi pake sabun khusus dan lotion pelembab kulit yang khusus untuk kulit sensitif tentu nya yang non parfume. 
gw sudah melakukan apa yang dokter itu sarankan, gw udah beli sabun khusus (lupa merk apa) sabun yang di kasih sama dokter itu, pake salep yang dari resep dokter itu juga untuk menghilangkan gatal nya dan gw udah mencoba beli lotion physiogel yang untuk kulit sensitif


gw beli lotion ini cukup mahal harga nya, klo ga salah waktu itu beli sekitar IDR 200,000 dan saat itu juga gw langsung aja beli walaupun hati ini berat karna mahal banget buat gw lol tapi dari pada gatal terus jadi gw beli aja

setelah gw mencoba sabun khusus yg gw lupa merk nya dan lotion physiogel ini kulit gw tetap beberapa kali timbul gatal2 walaupun kulit gw udah cukup lembab menurut gw, jadi gw bingung banget waktu itu kenapa masih aja kulit gw suka gatel di bagian2 tertentu seperti di lipatan siku tangan atau lipatan siku kaki, dan pada bagian badan pun suka gatal, gw juga suka gatal kalo gw keringetan atau terkena debu kotor.

akhirnya gw memutuskan untuk ke dokter lain, dan akhirnya mencoba ke dokter kulit di siloam yang ada di Lippo Keboen Raya Bogor itu.

setelah gw cari di google dan cek ke website nya siloam gw menemukan dokter kulit nama nya dokter Puspitasari Dewi dan gw akhirnya mencoba ke dokter ini

setelah gw konsultasi ke dokter Puspitasari dan menjelaskan keluhan - keluhan yang gw alami, tanggapan dan jawaban dari beliau sangat berbeda dengan dokter kulit gw yang sebelum nya, beliau mengatakan kalau memang karna alergi dari makanan seharus nya setiap kali gw makan sesuatu yang di anggap memicu alergi harus nya dalam hitungan menit pasti kulit gw akan gatal tapi case yang gw alami ini tidak seperti itu jadi kemungkinan gatal kulit gw bukan karena alergi makanan, dan beliau juga menjelaskan jenis kulit sensitif seperti ini harus di rawat secara rutin dengan memakai pelembab/lotion 2 sampai 3 kali dalam sehari, dan kalo mandi juga sebaik nya tidak menggunakan air yang terlalu hangat atau air yang terlalu dingin tapi lebih ke suam-suam, karena mandi pake air yang terlalu panas itu bisa memicu gatal juga, dan setelah mandi kalo mau keringin badan itu pake handuk nya tidak boleh di gosokan ke badan tetapi seperti di tap tap gitu supaya kulit kita tetap ada lembab nya dan setelah itu barulah di kasih lotion ke seluruh badan. Selain menjaga kulit agar tetap bersih dan lembab dokter juga bilang kalo kita harus banyak minum karena pengaruh juga kalo kita kurang minum pasti kulit jg akan jadi kering dan itu juga yg gw rasakan.

setelah selesai konsultasi beliau memberikan resep beruba lotion cetaphil, salep, dan obat minum yang hanya diminum kalo lagi gatal


ini adalah lotion cetaphil yang pertama gw pake yang dokter kasih, ini harga nya IDR 312,000 (jiwa missqueen gw berteriak saat itu juga guys) hahaha
lotion ini lembab banget dan lebih lembab dari lotion physiogel gw yg sering gw pke itu, menurut gw untuk treatment awal ini cocok dan bagus banget untuk memulihkan kulit kering kita dan setelah lotion ini habis gw memutuskan untuk mencoba membeli lotion cetaphil yang lain yg lebih bersahabat harga nya hehe


gw beli lotion cetaphil yang ini guys, gw pikir karena kulit gw udah mendingan apa salah nya coba yang ini mungkin cocok juga, setelah gw coba lotion ini ternyata cukup menjaga kelembab-an kulit gw dan sampai sekarang gw masih pakai lotion cetaphil ini, kalian juga bisa beli ini di tokopedia / shopee banyak yang jual, gw beli ini sekitar IDR 160,000 


ini salep yang di kasih sama dokter nya, jadi gw pake salep ini klo lagi timbul gatel aja,
dan kalo kulit gw lagi gatal bagian yang gatal itu katanya harus di basahi pake air dulu di tap tap dan kemudian di keringkan juga dengan di tap tap dengan tisu / handuk baru setelah itu di olesi salep yang beliau kasih dalam resep, setelah di olesi salep baru di pakein lotion.

beliau menyarankan untuk gw membeli sabun dove yang batangan itu guys, karena sabun itu tidak terlalu banyak busa nya sehingga tidak membuat kulit jadi kering banget, karena klo sabun cair itu banyak busa nya dan itu menyebabkan kulit jadi kering, tapi sayang nya skr susah banget cari sabun dove batangan itu di supermarket dan sampai saat ini gw ga nemu.

akhirnya gw mencoba sabun naturian ini guys, ini memang sabun cair tapi busa nya ga terlalu banyak, so far sampe sekarang gw pke sabun ini ga ada masalah, mungkin kalian bisa coba juga sabun ini siapa tau cocok ya :)


ini adalah obat minum yang hanya di minum kalo lagi gatal aja, mungkin kalo gatal nya parah baru lah minum obat ini, tapi sampai sekarang gw blom pernah minum obat nya karena dengan salep dan lotion yang di kasih sama dokter nya waktu itu juga sudah cukup mencegah kulit gw jadi ga gatel lagi.


kalo kalian mau coba ke dokter kulit juga kalian bisa coba ke dokter puspitasari ini dengan menghubungi nomer telp siloam pada kartu nama di atas

setelah gw dari dokter dan memakai sabun dan lotion yang di sebutkan di atas sampai sekarang kulit gw udah ga gatal-gatal lagi dan jarang timbul, kecuali kalo berkeringat dan terkena debu kotor dan itu harus langsung di bersihkan kulit yang terkena kotor dan kemudian di olesi lotion lagi untuk mencegah agar tidak gatal tapi so far tidak terlalu parah seperti sebelum nya.


oh iya, gw juga pake lotion ini kalo mau keluar rumah panas2an kena sinar matahari atau main ke pantai dan ternyata cocok banget buat kulit gw, lotion vaseline ini mengandung SPF 30 dan UV protection ya guys

dan satu lagi, ini adalah salep esperson yang gw pake buat ngobatin gatal di kulit gw sebelum gw ke dokter, ini cukup ampuh juga untuk pertolongan pertama tapi kalo kata dokter salep ini terlalu keras untuk di pake di area kulit yang tipis seperti lipatan tangan dan lipatan kaki jadi kalo mau pake ini harus tipis-tipis aja jangan banyak-banyak ya,waktu itu beli salep ini harga nya sekitar IDR 60,000 di kimia farma


sekian cerita dari pengalaman gw semoga bisa bermanfaat ya :)

Christy Nate

No comments:

Post a Comment

INSTAGRAM